TOP NEWS

Mewujudkan lembaga mahasiswa UNDIP yang profesional, aspiratif dan kontributif dengan menjunjung nilai intelektualitas dan moralitas.

Selasa, 29 Januari 2013

Rantai Pergerakan Mahasiswa


Rantai pergerakan mahasiswa lahir dari kondisi yang dihadapi masyarakat yang sudah tidak sesuai lagi dengan cita-cita Negara dan harapan masyarakat. Ada jarak terbentang antara realitas dan idealita yang diharapkan. Gerakan mahasiswa merespon berbagai situasi dan kondisi tersebut atas dasar kesadaran moral, tanggung jawab intelektual, pengabdian social dan kepedulian politik.

Gerakan mahasiswa selalu muncul sebagai pelopor dan inisiator dari sebuah aksi perlawanan yang memicu dukungan serta aksi-aksi sejenis dari unsur-unsur social politik lain. Dalam esklasai gerakan, terkadang pergerakan mahasiswa akhirnya beraliansi dengan unsur-unsur kekuatan lain hingga tujuan perjuangannya tercapai.

Selain itu, situasi global pun tak jarang menjadi factor pemicu sekaligus pemacu kematangan kekuatan aksi mahasiswa. Ada semacam keterikatan antara pergerakan mahasiswa di berbagai dunia yang biasanya gerakan di suatu Negara bisa jadi inspirasi Negara lain.

Model pergerakan mahasiswa yang terorganisir dan solid (bahkan terkadang radikal) umumnya diilhami dan dilandasi oleh suatu ideologi tertentu. Biasanya ideologi yang dianut adalah antitesa dari ideologi kemapanan yang dianut Negara. Mahasiswa memang sering kali berpikir lateral dan anti kemapanan.

(Disadur dari buku Risalah Pergerakan Mahasiswa katya Indra Kusumah)