TOP NEWS

Mewujudkan lembaga mahasiswa UNDIP yang profesional, aspiratif dan kontributif dengan menjunjung nilai intelektualitas dan moralitas.

Minggu, 14 April 2013

Kondisi Umum Keadaan Kampus Universitas Diponegoro


Kukuhnya universitas diponegoro sebagai institusi pendidikan merupakan berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa bagi seluruh civitas akademik dan menjadi dasar bagi terselenggaranya seluruh kegiatan mahasiswa.
Masjid Kampus UNDIP
Universitas Diponegoro sebagai sebuah wadah institusi pendidikan memiliki pengaruh besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan lembaga kemahasiswaaan dalam wadah keluarga mahasiswa Undip, dalam kaitannya sebagai penentu kebijakan tertinggi dengan rektor sebagai pelaksana system tersebut pada dasarnya memberi peluang dan atau hambatan terhadap langkah dan gerak lembaga kemahasiswaan dalam berkegiatan. Kebijakan tersebut yang secara langsung maupun tidak langsung dengan lembaga kemahasiswaan seperti : surat keputusan rektor, pendanaan, fasilitas dan perijinan. Namun tidak sepenuhnya hak tersebut dapat diperoleh dengan mudah, yang menuntut mahasiswa untuk berusaha dalam mendapatkan fasilitas tersebut.
Mahasiswa merupakan salah satu unsur dari civitas akademika mempunyai budaya dan karakteristik yang beragam baik dari segi kebiasaan, latar belakang, kultur dan lingkungan yang mempengaruhi perilaku mahasiswa seperti : mahasiswa study oriented, aktivis, apatis, dan hedonis. Hal tersebut mempunyai implikasi positif dan negatif bagi penyelenggaraan kegiatan kemahahsiswaan, sehingga setiap lembaga kemahasiswaan mempunyai tantangan besar dalam memformulasikan program kerja untuk mendukung perkembangan keterampilam mahasiswa yang bisa melengkapi basis keilmuan yang diperoleh di bangku kuliah.
Keberadaan kampus universitas diponegoro secara geografis terpisah menjadi empat wilayah, yaitu : kampus tembalang, kampus peleburan, kampus di lingkungan RSUD Karyadi dan kampus teluk awur Jepara yang diakui atau tidak menjadi kendala bagi terwujudnya koordinasi dan komunikasi guna penyelenggaraan kegiatan kemahasiswaan dalam lingkup keluarga mahasiswa Universitas Diponegoro.
Keluarga mahasiswa Universitas Ddiponegoro sebagai wadah bagi lembaga kemahasiswaan memiliki keanekaragaman yang dapat dikoordinasikan tanpa mengurangi otonomi dari masing-masing lembaga kemahasiswaan. Struktur yang lemah dan koordinasi yang kurang berjalan dengan baik pada lembaga kemahasiswaan sangat menentukan perkembangan dan kemajuan lembaga itu sendiri.
Dari gambaran tersebut menunjukan gambaran kurangnya kualitas sebuah lembaga dan ini menjadi tugas bersama guna mengembangkan dan meningkatkannya dalam tataran yang lebih maju menuju lembaga kemahasiswaan yang ideal. 

Dikutip dari :
Draft GBHK MKM BAB III POLA UMUM KEGIATAN KELUARGA MAHASISWA UNDIP, Point A.Kondisi Umum