TOP NEWS

Mewujudkan lembaga mahasiswa UNDIP yang profesional, aspiratif dan kontributif dengan menjunjung nilai intelektualitas dan moralitas.

Rabu, 29 Mei 2013

KARAKTERISTIK DAN POTENSI MAHASISWA

Kampus merupakan miniatur sebuah Negara yang di dalamnya berisi mahasiswa sebagai kaum intelektual yang senantiasa berinteraksi dengan ilmu dan kenyataan di masyarakat. Menurut PP no. 30 tahun 1990, mahasiswa adalah peserta didik yang terdaftar dan belajar pada perguruan tinggi tertentu.

Panggilan mahasiswa merupakan panggilan yang prestisius. Mengapa ? karena ada tambahan ‘maha” bukan siswa lagi. Mahasiswa mendapatkan berbagai macam gelar yang luar biasa diantaranya agent of change, iron stock, director of change, calon pemimpin bangsa, dan sebagainya. Dan sejarah telah membuktikan itu, bagaimana Ir Soekarno dengan perjuangannya melawan penjajah dan akhirnya menjadi presiden pertama Indonesia, Bagaimana mahasiswa era 1998 berusaha untuk menurunkan rezim Soeharto dan menggulirkan reformasi 1998. Banyak perubahan yang telah dilakukan oleh mahasiswa. Untuk itulah mahasiswa disebut sebagai harapan bangsa, harapan negara, harapan rakyat.  Karena seperti apa kondisi Negara ini ke depan akan terlihat pada kondisi pemudanya saat ini. Dan pemuda itu adalah mahasiswa yang merupakan kaum intelektual.

Kampus memang bukan masyarakat sesungguhnya tetapi masyarakat semu dengan segala kemiripan permasalahan yang kompleks serta struktur sosial dengan masyarakat sesungguhnya. Oleh karena itu,  mahasiswa bisa menjadikan kampus sebagai ajang simulai yang akan memjadi bekal ketika terjun ke masysrakat sesungguhnya.

Mahasiswa sebagai pemuda terdidik merupakan warisan termahal suatu bangsa, yang memiliki beberapa potensi diantaranya:

1. Potensi spiritual Ketika meyakini sesuatu, maka seorang mahasiswa sejati akan memberikan secara ikhlas tanpa pamrih. Mereka berjuang dengan sepenuh hati dan jiwa

2. Potensi intelektual Seorang mahasiswa memiliki kekuatan intelektualitas dan daya analisis yang kuat didukung dengan spesialisasi keilmuan yang dipelajari. Hal ini  akan menjadikan rasa kritis berbasis intelektual dalam jiwa mahasiswa

3. Potensi emosional Keberanian, semangat yang menggelora, serta kemauan yang keras itulah karakter yang dimiliki oleh seorang mahasiswa sejati. Sehingga karakter ini dapat menular pada seluruh bangsa sehingga jangan heran jika mahasiswa dapat menentang arus zaman dan membelokan sejarah seperti yang dilakukan para mahasiswa era 1998.

4. Potensi fisikal Mahasiswa berada pada 2 kelemahan yaitu kelemahan ketika bayi yang tiada daya serta ketika tua yang pikun dan renta. Untuk itulah mahasiswa memiliki potensi fisik yang sangat mendung karakter di atas.

Dengan perpaduan keempat potensi inilah, mahasiswa berada pada puncak kekuatan. Untuk itulah mahasiswa memiliki peran dan fungsinya baik di kampus maupun di masyarakat. Peran dan fungsi itu adalah :

1. Intelektual akademis Mahasiswa adalah intelektual muda yang beraktifitas di kampus yang merupakan simbol keilmuan. Ilmu-ilmu yang dipelajarinya di kampus membuatnya menjadi asset banngsa yang sangat berharga untuk melakukan perubahan bangsa ini.

2. Iron stock Mahasiswa adalah calon pemimpin bangsa di masa mendatang. Untuk itulah mahasiswa perlu dijaga agar menjadi bunga-bunga bangsa yang akan mengharumkan bangsa ini. Baik buruknya suatu bangsa akan dilihat dari pemudanya dan pemuda itu adalah mahasiswa.

3. Agent of change Banyak sekali perubahan-perubahan pada bangsa ini diinisiasi oleh mahasiswa baik teori maupun praktik. Sebagai salah satu contohnya adalah mahasiswa menginisiasi pemilihan presiden mahasiswa secara langsung dan sekarang bangsa kita telah melaksanakannya pemilihan Presiden secara langsung.


(Diambil dari buku “Risalah Pergerakan Mahasiswa” Karya Indra Kusumah)